Home » » Cara Membuat Game Eroge/Visual Novel Sendiri

Cara Membuat Game Eroge/Visual Novel Sendiri

Hallo semua,

Artikel kali ini admin akan membahas mengenai cara membuat game eroge atau lebih tepatnya game visual novel,serta pembahasannya lumayan panjang dari artikel-artikel saya sebelumnya. Dari beberapa sobat pembaca disini mungkin pernah mendengar kata game eroge/visual novel atau bahkan memainkannya. Nah,kalau hanya memainkannya sih itu sudah biasa dan banyak orang yang bisa. Namun kali ini sangatlah berbeda,bukan memainkannya tapi kita sendiri yang membuatnya.

Sebenarnya ada perbedaan antara ero-game dengan game visual novel. Ero-game memiliki cerita yang hampir semua berbau ecchii(Mesum) sedangkan VN jalan ceritanya lebih sopan dari eroge.
Namun di artikel kali ini,kita membahas pembuatan Visual Novel nya saja.

Bagi sobat yang benar-benar belum tau apa itu Game Visual Novel. Yuk,bahas disini   :
Visual Novel sendiri pada dasarnya sebuah game yang amat sederhana walaupun beberapa game VN sendiri memiliki jalan cerita yang rumit dan kompleks. Cara memainkan game ini sendiri ialah dimana sobat yang berperan sebagai player merupakan tokoh utama dalam game yang dihadapkan pada pilihan-pilihan berupa kata-kata atau jawaban dan nantinya akan menentukan ending dari game yang sobat mainkan tersebut.

Yuk,langsung bahas hipotesis cara pembuatannya :

1.   Dalam kesempatan ini kita akan menggunakan software VN game yang bisa sobat download DISINI. Atau sobat bisa berkunjung disitus resminya di http://visualnovelty.com/ (Size:34,4 MB saja)

2.   Setelah sobat download >> Install >> Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini
   


Keterangan   : Mari bahas sedikit tools/menu yang berperan dalam pembuatan game VN :

     - Story Window
       
      

Jendela yang berisikan Chapter,Screen dan Scene. Dimana tempat menaruh halaman-halaman pada buku cerita VN yang akan kita buat. Chapter sama halnya dengan BAB pada buku dimana terdiri dari halaman/page berapapun banyaknya. Sedangkan Scane dalam VN pada dasarnya merupakan tempat dimana menu-menu dalam game ditampilkan,jadi kalau kita membuat menu save,option,exit itu semua ada di Scane.

      - Asset Library

   

Tempat untuk menyimpan semua resources yang akan digunakan untuk membuat VN berupa gambar,audio,text box dan animasi.

      -Cast Manager

   

Tempat untuk menyimpan tokoh yang akan digunakan dalam project pembuatan VN.

      -Property Inspector

   
     
Tempat untuk mengatur serta melihat properti dari setiap aksi yang dilakukan.

 -Action Window dan Action Catalog

Kedua jendela ini saling berhubungan satu sama lain. Action Window merupakan tempa menaruh       aksi-aski yang akan dilakukan serta dipilih dari Action Catalog. Walaupun sebenarnya tidak perlu menggunakan action. Sedangkan pada Action Catalog berguna untuk memasukan Action Catalog ke Action Window. Namun secara pribadi admin disini lebih suka menggunakan action.

Intermezo dari keterangan diatas merupakan sebagian dari menu-menu yang terdapat dalam software VN dan tentunya masih banyak lagi menu lainnya,yang pasti akan sobat mengerti seiring berjalannya waktu sobat menjelankannya.

3.   Gunakan template yang sudah ada pada softwarenya dengan pilih menu File>>New>>New Project From Template atau Ctrl+Shift+N maka akan muncul jendela New Project From Template>>Klik New.

4.   Ubah judul novel dengan "Godaan Permen" dengan memilih text 'Untittled Novel' lalu mengganti text-nyayang ada pada kotak text. Scroll bawah untuk memilih warna,jenis text dan lainnya yang bisa sobat ganti sesuka hati.

5.   Klik Page 1.
6.   Agar lebih mudah dipahami untuk alur cerita sobat ikuti terlebih dahulu jalan cerita yang saya buat. Selebihnya jika sobat sudah mahir,silahkan berkarya sendiri. Sesuai dengan cerita yang kita buat sang protagonis sedang dalam perjalanan ke sekolah. VN pada umumnya meiliki sedikit pengenalan cerita. Maka dari itu disini kita akan menggunakan BackGround langit sebagai pembukaan. Untuk menambahkan background silahkan sobak klik tanda + pada folder background pada menu jendela asset library,dan akan ada folder bernama KSM. Klik lagi tanda+ dan cari background langit biru yang akan digunakan. Gunakan KSM background 36 dan jangan di apa-apakan dahulu backgroundnya.

7.   Selanjutnya,silahkan lihat pada jendela action window. Disana sudah terdapat kotak dialog, klik kotak tersebut dan tekan tanda X merah yang terdapat di tepi atau tekan tombol delete pada keyboard>>Pilih change backgroud pada pada action catalog dengan double click>>Kemudian cari background langit pada jendela property inspector>>Klik background pada stage,maka akan berubah.

8.   Doubelee klik dialogue/paragraf pada action catalog>>Kemudian ketik "???" pada kotak name di properti inspector. Atau ketik namanya sesuka hati sobat. Dan pada kotak Phrase ketik text 'Hari yang cerah'.

9.   Lakukan hal yang sama seperti langkah ke-8(untuk kotak name nya sobat tidak perlu mengetik ulang nama yang akan dibuat>>Tekan segitiga terbalik disampin,maka akan muncul nama yang sobat buat sebelumnya)>>Ketikan kalimat "Aku berangkat sekolah".

ket   : Harap diingat untuk tempat menuliskan text hanya ada 3 baris saja,lebih dari itu silahkan sobat menambahkan kotak dialog yang baru.


10.  Karna dalam dialog tadi inigin berangkat sekolah. Selanjutnya sobat bisa ganti background lagi sesuai dengan scenarionya. Seperti gambar dibawah ini.

Ket   :Gambar diatas menggunakan KSM background 7. Atau sobat bisa gunakan yang lainnya.

11.  Tambahkan dialog "tiba-tiba saja aku mendengar seseorang memanggilku".

12.  Selanjutnya tahap kali ini adalah memasukan actor>>Pilih actor yang ingin sobat gunakan di folder actor pada asset library>>Klik kanan pada nama actor tersebut>>Pilih add to scane.

13.  Maka akan tampil gambar actornya tersebut pada stage>>Klik kanan pada gambar>>Kemudian pilih create new actor>>Akan muncul jendela Add actor to cash>>Silahkan ganti nama ganti actor dan pilih warne text yang sobat mau>>Untuk genre tidak masalah jika tidak diisi>>Kalau sudah tekan OK.

14. Akan nama aktor yang sobat pilih tadi>>Klik gambar pada stage dan tekan delete>>Cari pilihan enter actror di action catalog secara double klik>>Kemudia pilih actor(dengan nama actor yang sobat buat tadi) pada jendela properti inspector.

15.  Pilih location sesuka sobat,secara default actor akan diposisikan ditengah oleh software VN ini. Pada pilihan transation(animasi akan muncul) akan ada 2 pilihan yaitu fade in atau slide. Fade in akan membuat actor muncul secara perlahan dan pada slideakan membuat actor muncul dengan cara bergeser dari kanan atau kiri. Silahkan sobat pilih yang disuka,jika memilih dua-duanya juga bisa.
Pilihan wait to complete akan membuat program menunggu sampai animasi selesai sebelum pengguna/user melakukan tindakan atau pilihan apapun. Untuk hasil yang lebih baik admin sarankan agar pilihan ini dicentang.

16.  Selanjutnya kita akan coba membuat dialog pada karakter. Tambahkan dialog dengan memilih nama karakter dari kotak Name>>"???,Hei,itu benar-benar kamu. Lama tak berjumpa!"??? adalah dari nama pemain. Untuk dialog ini kita akan menggunakan dengan reaksi"Glad".


17.  Selanjutnya kita memasukan suara pada karakter. Pilih menu vocal dibawah properti isnpector>>pilih suara yang ingin sobat gunakan.

18.  Berikutnya kita tambahkan dialog dengan kata ini "kamu siapa?" lalu tambahkan dialog pada karakter yang sobat buat dengan tulisan"....peter.. kamu lupa ya?">>Change reaksi karakter sobat ke 'Suspicious'.

19.  Tambahkan dialog dari ??? dengan teks"Oh peter. Lama tak jumpa!" dan dialog dari karakter dengan teks "3 tahun sudah bertemu dan kamu lupa wajahku".

20.  Selanjutnya tambahkan dialog lagi pada karakter sobat "Oh sudahlah, oh iya aku punya permen untukmu. Mau?">> Ganti reaksi karakter dengan 'Glad'.
Tambahkan pilihan dan buat dialog "apa yang kamu lakukan?"(jangan beri nama dikotak name).
Pilih pilihan show menu dikotak action dialog dengan double click>>Di kotak property inspector dikotak menu style yang merupakan yang merupakan pilihan untuk memilih style pada kotak menu>>pilih yang manapun sesuai selera sobat>>Disini kita coba gunakan menu style'sample menu'>>Secara default pilih menu yang ada adalah 2(tidak perlu dirubah karna nnti kita akan membuat 2 ending pilihan).
Pada tab option 1 kotak phrase>>Ketikan "Ambil permen itu">>Pada tab option 2 kotak phrase kerikan "Tolak tawaran peter".

21.  Sekarang kita buat endingnya. Ending pertama kalau user/pengguna untuk memilih permen. Ending ke dua kalau kalau tidak diambil oleh user akan berpisah jalan dengan peter dan pergi keskolah. Dibawah pilihan tab option ada pilihan event,fungsi event ini adalah untuk membuat pilihan yang akan terjadi saat user memilih option yang ada.

22. Pilih withdraw actor dari pilihan action catalog>>pilih peter>>Kemudian ganti background dengan pilihan change background>>pilih background manapun>>Tambahkan dialog penutup untuk ending 1 pilih end novel dari action catalog.
Ket  : Jika sobat lupa  memasukan end novel,kemungkinan akan terjadi error pada vn yang sobat buat.

23.  Pada jendela story window klik button add page>>Klik page 2>>Tambah background menggunakan change background(bisa diiarkan kosong)>>Tambahkan dialog ending penutup 2>>Tambahkan end novel dari acion catalog.

24.  Tes VN yang tadi sobat buat menggunakan menu Play novel as stand-alone.

25.  Loh,ternyata VN yang kita buat saat dipilih  kedua pilihan itu endingnya tetap ke ending 1. Itu karna kita belum mengubah event pada menu yang ke dua>>Kembali ke page 1>>Ubah event pada option 2 menjadi change page>>Akan muncul menu page>>pilih sesuai dengan yang kita buat tadi yaitu chapter 1 dan page 2.

26.  Silahkan sobat test sekali lagi. Selesai!

Untuk keterangan lebih lanjut mari berdiskusi di forum software VNnya FORUM


Terimakasih atas kunjungannya. Selamat berkreasi !! Dan silahkan berdonasi seiklasnya dengan mengklik iklan.
Share this article :

20 komentar:

  1. thanks gan tutorialnya... makin semangat buat novel nih.. :D

    BalasHapus
  2. Wih mudah juga ya bikin game kayak gini ternyata. Nggak harus koding-kodingan gitu.
    Makasih banyak nih infonya!

    http://takatik.com/headset-vr-alternatif-pesaing-oculus-rift/

    BalasHapus
  3. wah coba ah gan hehehe

    BalasHapus
  4. Eroge ??
    Sadisssssssssss
    Hahaha

    BalasHapus
  5. bisa coba buat game sendiri dirumah , makasi gan atas artikelnya bisa menambah wawasan

    BalasHapus
  6. tutorialnya lengkap ..... terima kasih gan udah share....

    BalasHapus
  7. Pengennya COba Buat Kayaq Contoh :D Tapi Tutorialnya Udah Buat Ane Pusing Duluan :3 Btw, Makasih Ya Tutorialnya :D

    Blogger Seni

    BalasHapus
  8. ternyata agak ribet ya bagi pemula :D mantap nih

    BalasHapus
  9. tombol show menu nya dimana ya bang?

    BalasHapus
  10. boleh juga nih tutorial nya.. thanks sudah berbagi dan izin download

    BalasHapus
  11. mencoba adalah pengalaman jadi abah mau nyoba pertama izin download dan kedua nya terimakasih tutorialnya

    BalasHapus
  12. cara render biar jadi aplikasi gamenya gmna min..?

    BalasHapus
  13. artikel yang sangat membantu gan ty,
    jangan lupa berkunjung yaa.
    http://vnr-indo.blogspot.co.id

    BalasHapus
  14. Kalo untuk mainin gamenya diluar aplikasi gimana gan?

    BalasHapus
  15. Gan kalo mau buat asset sendiri gimana??

    BalasHapus
  16. Jika Anda Ingin Mendapatkan Bonus Freechip Awal Hanya di S1288Poker,com
    Claim Bonus Anda Di Sini , Bonus Langsung di Berikan Kepada Anda
    Dan Dapatkan User ID Anda Untuk Bermain Game Kami

    HUBUNGI KAMI:
    livechat: www,s1288poker,com
    pin bb: 7AC8D76B

    BalasHapus

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. ComicStrip_IND - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger